Strategi membuat Pitch Deck agar mampu menarik banyak klien

Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum mengenai rencana bisnis yang kita buat. Dengan adanya pitch deck, kita bisa menjelaskan seperti apa produknya kepada calon investor dan membuat mereka tertarik memberikan pendanaan untuk bisnisnya. pitch deck biasanya dibuat menggunakan berbagai macam tools seperti PowerPoint, KeyNote atau Prezi.

Selain untuk mempresentasikan pitch deck bisnis, pitch deck juga bisa digunakan saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau orang yang akan menjadi calon co-founder. Tujuan utamanya dibuat pitch deck adalah untuk menarik investor agar mau membiayai atau mendanai startup yang dibuat. Oleh karena itu, pitch deck tidak boleh dibuat asal - asalan serta tampilannya harus menarik dan informatif.

Konten wajib dalam pitch deck :

1. Judul

Isi dari slide pertama yang dibutuhkan adalah mengenai pengenalan atau introduction. Bagian ini adalah hal yang penting, karena kamu harus bisa menunjukkan kesan pertama yang baik pada investor.

2. Permasalahan yang menjadi alasan perusahaan tersebut dibuat

Pada slide yang selanjutnya, kamu perlu menjelaskan permasalahan apa yang dijumpai sehingga membuat produk atau layanan tersebut bisa terbentuk dengan data pendukung yang rinci.

3. Nilai lebih yang ditawarkan perusahaan

Pasar yang dipilih bisa menentukan apakah bisnismu cocok untuk mendapatkan pendanaan atau tidak.

4. Besaran market

5. Model bisnis yang dijalankan

Pada bagian ini berisi seluruh screenshoot atau gambar produk termasuk logo dan nama produk, lalu jabarkan seperti apa bisnisnya.

6. Rencana pemasaran

Menjelaskan potensi pasar yang tersedia, seberapa besar pasar yang ada juga akan menentukan apakah investor akan mendanai bisnis yang dibuat.

7. Analisis terhadap kompetisi bisnis yang dijalankan

Menyebutkan strategi bisnis yang akan dijalani lalu menyebutkan kekurangan pesaing bisnis.

8. team management

Cantumkan nama founder dan tim dalam membangun bisnis yang baik, dibutuhkan orang - orang yang akan terlibat dalam bisnis dan menjelaskan posisi masing - masing.

9. proyeksi keuangan

Sampaikan kondisi keuangan bisnis, dana menjadi sumber utama untuk menjalankan suatu bisnis. Investor akan melihat laju keuangan pada bisnis, biasanya poin yang dilihat adalah laporan laba rugi, perkiraan penjualan dan laporan arus kas.

10. Pencapaian

Memberitahu apa yang sudah dicapai 

Tips untuk menggaet investor yaitu buatlah presentasi yang menarik, yakinkan investor dengan prestasi dan bangun hubungan yang baik dengan investor maka pengemasan ide yang menarik adalah strategi yang tepat untuk menggaet minat para investor, Dana yang diberikan oleh investor akan membantu laju bisnis semakin pesat.

Kesalahan yang sering terjadi pada proses pembuatan pitch deck :

1. Terlalu banyak informasi dan visual. Penjelasan mengenai bisnis atau proyek memang akan menghasilkan banyak informasi. Akan tetapi lebih baik jika memberikan informasi penting saja.

2. 1 pitch deck untuk banyak kebutuhan. Menyiapkan pitch deck memang membutuhkan banyak waktu, hal ini terkadang memungkinkan beberapa orang menggunakan 1 pitch deck saja untuk beberapa kebutuhan. Namun perlu diperhatikan bahwa akan mempresentasikannya pada audiens yang berbeda-beda.

3. Terlalu membaca slide pitch deck. Slide presentasi tersebut hanya mendukung dan melengkapi pesan yang kamu sampaikan. Solusinya adalah dengan mempersiapkan apa saja yang harus diucapkan dan ditunjukkan.

Sumber

https://ngalup.co/business/struktur-konten-pitch-deck-dan-cara-pitching-yang-menarik-bagi-investor/


Comments

Popular Posts