Pengantar Web Science : Tugas 2 (PERANGKAT LUNAK ANALISIS WEB)


Perangkat Lunak Analisis Web

Menggunakan perangkat lunak analisis web, integrasi kode sumber adalah langkah pertama. Potongan kode harus ditempatkan dalam dokumen HTML sehingga perangkat lunak, server, dan klien dapat bertukar data. Beberapa solusi juga menawarkan antarmuka yang memungkinkan data diekspor – semakin besar datanya, semakin berguna sebuah API. Setiap situs web harus memberi tahu penggunanya tentang penggunaan cookie. Misalnya, bagian yang sesuai harus dicatat dalam cetakan untuk memastikan kepastian hukum. Pada saat yang sama, pengaturan dalam perangkat lunak harus diperiksa untuk ini.
Ada banyak Tools analisis web untuk berbagai bidang dan anggaran yang berbeda. Pada prinsipnya, Tools analisis web dapat dibedakan dalam hal teknologi, penggunaan gratis atau komersial dan orientasi tematik tertentu. Teknologi yang digunakan adalah berbasis cookie atau berbasis logfile, tetapi solusi hybrid juga tersedia. Solusi perusahaan dirancang khusus untuk proyek web yang sangat besar dan karenanya mahal.
Perangkat lunak pengontrol web gratis biasanya berfokus pada penggunaan non-komersial dan memudahkan operator situs web dengan proyek yang lebih kecil untuk memulai. Beberapa Tools analisis web menempatkan penekanan khusus pada privasi dengan mengenkripsi, memperpendek dan memisahkan dengan jelas data yang dikumpulkan dari informasi pribadi.
Mungkin Tools paling terkenal untuk analisis situs web adalah Google Analytics, yang digunakan oleh lebih dari 80% operator situs web yang menggunakan Tools analisis lalu lintas – meskipun Google Analytics dikritik secara berkala karena kebijakan privasinya. Google memiliki pangsa pasar terbesar di bidang analisis web dibandingkan dengan penyedia lain. Namun, semakin banyak solusi yang disajikan yang juga memungkinkan pelacakan yang efisien, yang juga menetapkan standar yang lebih tinggi dalam hal perlindungan data daripada halnya dengan Google.

Contoh Tools Web Anaylsis
1.      Sistem gratis:
·         Google Analytics
·         Eanalytics
·         Piwik
·         Buka Analisis Web


2.      Sistem berbasis biaya:
·         Adobe Digital Marketing Suite
·         Pusat Pemasaran IBM
·         DI Internet
·         Etracker
·         NeuroBayes

Ketika memilih Tools analisis web, berbagai aspek harus dipertimbangkan. Selain memastikan bahwa penggunaan Tools ini sesuai dengan peraturan perlindungan data, perlu menemukan Tools yang sesuai dengan kebutuhan. Apa tujuan dari situs web, Konten mana yang ingin saya lacak dan optimalkan, KPI mana yang cocok untuk proyek, Atau, Dapatkah Tools analisis saya membagi nomor pengguna menjadi segmen dan menampilkan jalur klik, Apakah seluruh corong ditampilkan, Tools analisis yang tersedia sangat berbeda tergantung pada persyaratan.


Sumber


Comments

Popular Posts